Processor Komputer dan Fungsinya

Assalamualaikum Wr.Wb.
Banyak orang sudah tahu bahwa proceesor itu merupakan otak dari sebuah komputer. Namun tidak banyak yang tahu apa pengertian secara rinci dan fungsi dari processor itu sendiri. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan Pengertian dan Fungsi dari Processor itu sendiri. 

Pengertian Processor atau CPU
Processor atau yang biasa kita sebut dengan CPU adalah sebuah komponen yang berperan sebagai otak dari komputer yang menjalankan proses dan mengendalikan kerja komputer dengan dibantu oleh perangkat yang lain. Satuan kecepatan dalam processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar suatu kecepatan Processor, maka semakin cepat kinerja sebuah komputer dalam menjalankan tugasnya.

Secara garis besar Processor memiliki 3 komponen yang komponen tersebut merupakan komponen terpenting dalam processor. 3 komponen utama processor itu adalah sebagai berikut.

1. Aritmatic Logical Unit (ALU) 
Aritmatic Logical Unit (ALU) adalah sebuah sistem operasi yang ada di dalam processor yang berfungsi atau bertugas melakukan operasi atau perhitungan aritmatika sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh program. Aritmatic Logical Unit (ALU) juga berfungsi menyelesaikan sebuah program dengan operasi logika sehingga semua perhitungan dalam komputer dilakukan pada sistem ini.

2. Control Unit (CU)
Contol Unit (CU) mwerupakan bagian dari processor yang bertugas sebagai pengatur lalu lintas data seperti input atau output. Unit inilah yang menjaga dan memberitahu unit masukan mengenai jenis data, tempat penyimpanan dalam primary storage, dan waktu pemasukkan. Control unit juga bertugas memberitahu ALU mengenai operasi yang harus dilakukan, letak hasil ditempatkan, dan tempat data yang diperoleh. Berkat adanya Control Unit segala perhitungan dan eksekusi data dapat di lakukan secara teratur.

3. Register Unit (RU)
Register Unit (RU) merupakan komponen utama dalam processor yang berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil yang memiliki akses cukup tinggi yang diguanakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses.

Komponen Register Unit juga tediri dalam 2 bagian, yaitu :
  • Register CPU merupakan unit yang berisi sekumpulan register untuk proses simulasi data.
  • Register Instruksi merupakan unit yang berfungsi sebagai tempat penampung instruksi memory yang ditunjuk oleh program counter untuk melakukan eksekusi data.
Pada zaman modern saat ini proessor sudah berkembang sangat pesat. Mulai dari processor AMD yang sering diguanakan oleh para gamer dan juga processor intel yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini karena kemampuannya yang dapat meningkatkan performa dan tahan terhadap panas. Untuk itu pilihlah processor sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentang processor dan fungsinya. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan anda tentang dunia komputer.

Sekian dan Terimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

9 komentar

  1. Laptop, processornya bisa diganti gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diganti bisa asalkan soket tepat dan sama
      kalau soket beda ada kemungkinan

      1. kaki CPU gak bisa masuk (ini masih aman)
      2. Bisa masuk tapi gak kebaca mobo

      dan yang perlu diperhatikan Soket atau CPU AMD / Intel itu Beda.

      Hapus
  2. prosesor itu terhubung ke hardisk juga kah kang???trus klo g ada prosesor nya gmn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. processor itu pasti ada di pc gan, otaknya komputer itu kan processor. Jadi yang mengatur jalannya operasi ya processor itu :)

      Hapus
  3. Saya jadikan referensi untuk belajar gan

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. sekrng prosesor terbaru apa y gan? thx infony

    BalasHapus