Cara Mengembalikan File di Flashdisk Karena Virus Shortcut

Assalamualaikum Wr.Wb.
Sering kita temukan file dalam flashdisk yang kita miliki berubah menjadi virus shortcut. Hal itu pasti sangat membuat risih anda sebagai pengguna flashdisk. Tersangka utama dalam kasus tersebut adalah virus yang merajalela. Virus yang memiliki kemampuan menghidden atau menyembunyikan seluruh file atau data yang kita miliki lalu mengubahnya menjadi sebuah shortcut tersebut sangat meresahkan sekali. 
Cara Mengembalikan File di Flashdisk Karena Virus Shortcut

Virus ini biasanya kita dapatkan ketika kita mencolokkan flashdisk kita di warnet atau ke PC atau pun laptop teman yang tidak memiliki antivirus yang cukup ampuh untuk mengatasinya. Kadang kala kita merasa jengkel jika sudah terkena virus shortcut ini. Bagaimana tidak, data yang kita simpan secara rapi dalam flashdisk seperti tugas, game, ataupun film dapat hilang begitu saja dan berubah menjadi shortcut yang tidak bisa kita buka. 

Maka dari itu anda tidak perlu khawatir akan masalah itu. Kali ini saya akan menjelaskan secara detail cara mengatasinya dalam artikel yang berjudul Cara Mengembalikan File di Flashdisk Karena Virus Shortcut. Tidak perlu khawatir, karena cara ini berlaku untuk semua OS Windows. Berikut adalah caranya.

Cara Mengembalikan File di Flashdisk Karena Virus Shortcut
Cara yang akan saya jelaskan kali ini sudah umum diterapkan banyak orang. Ada 2 cara untuk mengembalikan file di flashdisk karena virus shortcut. Berikut adalah caranya. 

1. Menggunakan Command Prompt atau CMD
Software bawaan windows ini sudah barang tentu banyak dikenal orang. Dengan software ini kita dapat mengembalikan file di flashdisk yang terkena virus shortcut. Berikut adalah caranya.
  • Buka Start Menu Windows lalu ketik CMD pada kotak pencarian. Klik Enter.
  • Jika sudah, maka akan terlihat tampilan CMD sebagai berikut.
Cara Mengembalikan File di Flashdisk Karena Virus Shortcut
  • Kemudian ketikkan drive flashdisk yang ingin anda perbaiki diikuti dengan tanda titik dua. Misalnya drive flashdisk anda adalah F maka tulis F: lalu enter.
  • Jika sudah, selanjutnya adalah ketik kode attrib -s -h -r /s /d kemudian Enter.
Cara Mengembalikan File di Flashdisk Karena Virus Shortcut
  • Tunggu hingga proses pemulihan data flashdisk anda selesai. Lama tidaknya proese tergantung dari banyaknya data yang terjangkit virus.
Jika proses diatas belum berhasil, tidak perlu khawatir. Masih ada cara ampuh lainnya untuk mengembalikan data yang anda miliki. Berikut adalah caranya.

2. Menggunakan Software Smadav
Cara yang satu ini menurut saya sudaha merupakan cara yang paling ampu dan pasti berhasil. Mengapa demikian, karena saya selalu menggunakan software antivirus smadav untuk mengembalikan file di flashdisk saya yang terjangkit virus shortcut. Meskipun ukuran size dari antivirus ini kecil, tapi tidak dihiraukan lagi kemampuannya dalam membasmi virus shortcut. File yang ada pada flashdisk anda akan muncul kembali setelah menggunakan software ini. 

Software buatan Indonesia ini memang nomor 1 untuk urusan membasmi virus shortcut. Caranya sukup mudah, anda tinggal mendownload softwarenya di google ataupun website resmi milik smadav. Jika sudah lalu instal seperti biasa dan Scan flashdisk yang akan anda perbaiki. Sangat sederhana bukan. 
Selesai.

Demikian penjelasan dari saya tentang Cara Mengembalikan File di Flashdisk Karena Virus Shortcut. Ikutilah tutorial diatas dengan benar agar data yang anda miliki dapat kembali lagi. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan membantu anda semua.

Sekian dan Terimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

22 komentar

  1. wah pakai smadav ampuh makasih gan data saya masih aman

    BalasHapus
  2. Keren bro moga2 berhasil

    BalasHapus
  3. Terima kasih gan, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Akhirnya nemu juga cara kayak beginian,
    Hampir nyerah, gara-gara flashdisk penuh isi shortcut.
    Wkwkwkw
    Terimakasih atas pengetahuannya

    BalasHapus
  5. Ni yang saya cari-cari, thank gan.. langsung coba

    BalasHapus
  6. Kalau saya mematikan dulu proses virusnya biar mudah dihapus karena adakalanya virus bisa kebal. Makasih sekali tips dan ilmunya sangat membantu.

    Saya juga sama mengandalkan smadav.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mematikan proses virusnya gimana bang??

      Bukankah dengan scanning virus smadav bisa menghapus semua virus di flasdisk tersebut?? Atau ada cara lainnya?

      Hapus
  7. ahirnya nemu juga artikel yang saya cari cari thx gan infonya ane coba dulu

    BalasHapus
  8. Makasih mas penting nih saya juga butuh

    BalasHapus
  9. betul dulu pernah ngalamin gan saya pake smadav di scan terus pake code diatas berhasil. (y)

    BalasHapus
  10. thanks gan. ini cara lain yg utk ga bisa online
    biasanya sy pake smadav

    BalasHapus
  11. gan SDCard saya filenya suka ngilang .. (bukan hidden file) kalau tersambung ke notebook. yang kena virusnya itu semua (karena yang ditunjuka SMADAvnya bukan file,tapi folder utama ( G: ) .. itu gimana ya, cara ngatasinya ?

    BalasHapus
  12. Boleh juga nih tutornya.
    Makasih gan infonya.

    BalasHapus
  13. Flashdisk saya sering tuh gan untungnya saya pake smadav jadi langsung bisa teratasi

    BalasHapus
  14. Sekalipun memang caranya ga asing buat saya, tapi memang manfaatnya sangat besar. Biar file aslinya bisa dikembalikan biar ga lekas menyebar lagi virusnya. Atau jangan sampai rusak filenya.

    Makasih mas ya?

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. ane gak pernah rasain virus shortcut di linux.. walaupun flashdisk ane terenfeksi.. tapi tetep aja aman jika sudah masuk ke pc ane.. hehdhd

    BalasHapus
  17. Anonim9/11/2016

    keren bro,,berguna banget infonya !!

    BalasHapus
  18. mantep nih, sering kejadian gini kalo abis dr warnet

    BalasHapus
  19. manta infonya gan, terimakasih.

    BalasHapus
  20. triknya sudah pernah saya coba dan hasilnya work gan

    BalasHapus